Sabtu, 16 November 2013

Invitasi Olahraga Tradisional se-Jawa Barat



Bandung - Kontingen Kabupaten Sukabumi saat upacara pembukaan di Stadion Atletik Padjadjaran Bandung. Selasa (12/11/2013)


Patandang Olahraga Tradisional siap tandang makalangan.


Dagongan - olahraga tradisional yang menggunakan bambu ukuran panjang 10 - 12 meter dengan diameter 10 - 15 cm, dimaikan oleh 2 grup dengan anggota 5 patandang, saling mendorong bambu itulah mungkin namanya dagong (sunda) dorong. dipimpin oleh 1 orang wasit dan 3 juri, patandang dinyatakan menang apabila mampu mendorong patandang lawannya melewati garis yang telah ditentukan.


Egrang - dimainkan oleh seorang patandang dengan panjang lintasan 50 meter dan lebar 1,5 meter, panjang egrang 2.5 meter tinggi pijakan 50 cm (dewasa), panjang 1,5 meter pinjakan 50 cm (anak-anak). Kategori yang dipertandingan antara lain perseorangan dan estapet (beregu 3 patandang). Patandang dinyatakan diskualifikasi antara lain keluar lintasan, dan jatuh.


Hadang - atau galah asin merupakan permainan beregu yang beranggotakan 5 patandang dengan ukuran lapangan 9 x 15 meter atau selebar lapangan bulutangkis, dimainkan secara bergantian antara penyerang dan penghadang.


Terompah Panjang - atau bakiak panjang disebagian daerah menamainya adalah permainan beregu yang masing-masing beranggotakan 3 atau 5 patandang dengan panjang lintasan 50 meter dan lebar 1,5 meter. Patandang dinyatakan diskualifikasi antara lain keluar lintasan, keluar dari kaki terompah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar